Pesona Pantai Bangka dan Efek Laskar Pelangi yang Mendunia

Pesona Pantai Bangka dan Efek Laskar Pelangi yang Mendunia

Bagaimana pun juga, pemerintahan propinsi kepulauan Bangka Belitung, lebih khusus lagi dinas pariwisatanya, harus berterima kasih kepada Andrea Hirata, penulis novel best seller Laskar Pelangi. Melalui novel yang kemudian diadaptasi menjadi film itulah kemudian, Pulau Bangka lebih dikenal secara luas. Dan pada sisi yang sama, pesona wisata pantai-pantainya yang sangat menawan,  juga ikut mendapat perhatian masyarakat Indonesia, bahkan dunia dikarenakan eksotisme yang terkandung di dalamnya.

Bangka Belitung memang memiliki banyak pantai eksotisme yang sangat menawan. Dan pantai dengan air laut yang bersih berpadu dengan batu-batu granit besar adalah yang kemudian melekat dengan image pariwisata Kepulauan Bangka Belitung. Dalam Laskar Pelangi yang terkenal itu, pantai-pantai cantik juga pernah menjadi background syuting mereka saat menyanyikan lagu melankolis ‘si adik berhati bingung’.

Ada lonjakan pertumbuhan pariwisata yang signifikan di Bangka Belitung pasca hadirnya Laskar Pelangi dalam dunia sastra dan perfilman Indonesia. Masyarakat yang penasaran dengan latar belakang tempat kejadian menyempatkan diri datang ke Bangka Belitung secara langsung dan melihat keindahan tempat itu dari dekat. Bagi Anda yang Ingin ke sana bisa gunakan sewa bus pariwisata.

Untuk mencapai Pulau Bangka Belitung, ada banyak moda transportasi yang tersedia. Namun untuk rombongan besar dengan jumlah anggota melebihi dua puluhan orang, maka sewa bus pariwisata adalah yang paling direkomendasikan. Dengan menyewa bus, selain perjalanan dapat dilakukan dengan nyaman, ini juga menjadi kesempatan untuk sharing cost perjalanan kepada wisatawan yang lain. Dan itu tentu saja menjadikannya lebih murah dan hemat.

Beberapa lokasi wisata andalan Pulau Bangka yang umumnya menjadi list wajib tujuan rekreasi antara lain adalah; Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Penyak, Pantai Parai Tenggiri, dan masih banyak lagi. Sementara pantai yang menjadi lokasi syuting Laskar Pelangi adalah Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Parai Tenggiri, sebuah pantai yang kaya dengan batu-batu pelengkap pesona landscape-nya.

Dengan sewa bus pariwisata, semua tempat-tempat wisata ini dapat dijangkau. Sementara bagi yang membawa kendaraan pribadi, mungkin harus mengeluarkan biaya yang sedikit lebih banyak. Dikarenakan segala biaya yang tentu saja harus ditanggung sendiri.

Namun bagaimana pun cara menjangkau dan menikmati keindahan wisata alam Pulau Bangka Belitung ini. Salah satu yang cukup penting mungkin adalah mengingat bahwa kepopuleran tempat yang sekarang demikian terkenal ini, berawal dari kisah anak-anak sederhana Laskar Pelangi yang kemudian mendunia.

author
Author: